ANALISIS HARAPAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN APOTEK TERHADAP PERAN APOTEKER DI WILAYAH SEPATAN KABUPATEN TANGERANG

Jaka Supriyanta, Selpina Kurniasih, Siti Nurhopipah

Sari


Harapan dan Kepercayaan konsumen merupakan modal untuk mengembangkan  suatu usaha, termasuk apotek. Dalam bisnis apotek fungsi atau peran apoteker sangat dibutuhkan. Pharmaceutical care atau asuhan kefarmasian merupakan bentuk optimalisasi peran yang dilakukan oleh apoteker terhadap pasien dalam melakukan terapi pengobatan. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui harapan dan kepercayaan konsumen yang dilayani dan tidak dilayani oleh apoteker. Objek penelitian yaitu konsumen yang dilayani dan tidak dilayani oleh apoteker menggunakan purposive sampling. Alat penelitian berupa kuesioner yang berisi pertanyaan terdiri dari 4 bagian, yaitu karakteristik, pendahuluan, harapan dan kepercayaan. Analisis dilakukan menggunakan pendekatan statistik dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian dari harapan menunjukkan terdapat perbedaan  harapan antara konsumen yang dilayani dan tidak dilayani oleh apoteker, dilihat dari nilai rata-rata harapan konsumen yang dilayani oleh apoteker mengharapkan pelayanan lebih dari apoteker. Data  kepercayaan menunjukkan tidak terdapat perbedaan kepercayaan antara konsumen yang dilayani dan tidak dilayani oleh apoteker, seperti informasi mengenai obat non resep, harga yang tertera diresep dokter, saran mengonsumsi obat, produk-produk herbal, efek samping obat, dan saran mengenai penyakit ringan.

Kata Kunci


Harapan Konsumen, Kepercayaan Konsumen, Peran Apoteker

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aurelia, E. 2013. Harapan Dan Kepercayaan Konsumen Apotek Terhadap Peran

Apoteker Yang Berada di Wilayah Surabaya Barat. Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Universitas Surabaya. Volume 2(1). Surabaya: Universitas

Surabaya

Basuki Sulistyo,2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Cerlina, T. 2009. Hukum Perlindungan Kosumen. Jakarta: Sinar Grafika.

Depkes RI. 2008. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Direktorat Bina Farmasi Komunitas dan Klinik Ditjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Departemen Kesehatan RI.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor. 922 Tahun 1993 tentang Pelayanan Informasi Obat.Depkes RI. Jakarta

FIP. (1998). Good Pharmacy Practice (GPP) In Developing Countries. The Hague, The Netherlands: FIP Guidelines. September 1998.

Handayani, R. S., Raharni, R., dan Gitawati, R. (2009). Persepsi Konsumen Apotek terhadap Pelayanan Apotek di Tiga Kota di Indonesia. Makara Journal of Health Research,13(1): pp. 22-26.

Hastono, S.P. 2006. Basic Data Analysis for Health Research Training. Jakarta: UI Press. Hal. 1-2, 6, 49-50, 56, 61-62, 70-71, 90, 108-109.

Kemenkes RI. 2011. Profil Kefarmasian dan Alat Kesehatan Tahun 2010. Direktorat Jendral Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan RI, Kementrian Kesehatan RI.

Keputusan Menteri Kesehatan RI No.1027/Menkes/SK/IX/2004. tentang standar Pelayanan Kefarmasian di apotek. Jakarta. Depkes RI; 2004

Kemenkes RI. 2014. Pedoman Penerapan Formularium Nasional, Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Jakarta.

Kurniawan, D., Chabib, L. 2010. Pelayanan Informasi Obat Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 9 Tahun 2017 tentang Apotek. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Muliawan, B. 2008. Pelayanan Konseling Akan Meningkatkan Kepatuhan Pasien pada Terapi Obat, 15 Januari 2008 (http://wwww.binfar.depkes.go.id/def_menu.php), 9 Juni 2011.

Notoatmodjo,S. ( 2010 ) Metodelogi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Pramita, A. 2008. Harapan pada Remaja Penyandang Thalassemia Mayor.(Skripsi). Universitas Indonesia.

Rovers, J.P. et al. 2003.A Practical Guide to Pharmaceutical Care, 2nd Ed. American Pharmaceutical Association: Washington, D.C.

Sari IP. Motivasi Konsumen terhadap Layanan Informasi dan Konsultasi Obat di Apotik Kota Yogyakarta. Majalah Farmasi Indonesia. Yogyakarta, 2001; 12(2): 80-84.

Sarwono, Sarlito Wirawan. Psikologi Sosial : Individu dan Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta : Balai Pustaka . 2009

Suryani, T. 2003. Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sinulingga, S. 2011.Metode Penelitian. Edisi Pertama. Medan: USU Press. Hal. 194, 206-207.

Suhardi, G. 2006. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan dan Loyalitas Nasabah Perbankan di Surabaya. Jurnal Kinerja Volume 10(10). Yogyakarta: Universitas Atmajaya.

Waidi . 2006. The Art of Re-enginering Your Mind For Success. Jakarta: Gramedia

WHO, 1990, The Role of the Pharmacist in The Health Care System, 10-12, WHO, Geneva

Wirth, F., Tabone, F., Azzopardi, L.M., Gauci, M., Zarb-Adami, M. & Serracino-Inglott, A., 2011, Consumer Perception of the Community Pharmacist and Community Pharmacy Services in Malta, Departement of Pharmacy, University of Malta,

Wathoni, N., dan Rahayu, S. A. (2014). A survey of consumer expectation in community pharmacies in Bandung, Indonesia. Journal of Applied Pharmaceutical Science, 4(1):pp. 84-90.

Widiyanto, Joko. 2010 SPSS for Windows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS.




DOI: http://dx.doi.org/10.47653/farm.v10i2.711

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Farmagazine is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Alamat Redaksi: Jln. KH Syekh Nawawi (Raya Pemda) KM. No. 4, Mata Gara, Kec. Tigaraksa, Tangerang, Banten 15720

Email: lppm@stfm.ac.id

Indexed By

  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel 

 

Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  DRJI Indexed Journal  Hasil gambar untuk gambar template artikel   Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel