TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK X KABUPATEN TANGERANG
Sari
Pemberian informasi obat memiliki peranan penting dalam rangka memperbaiki kualitas hidup pasien dan menyediakan pelayanan bermutu bagi pasien. Salah satu indikator yang digunakan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan pada apotek adalah dengan mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Kepuasan pasien menggunakan jasa apotek dapat digunakan sebagai tolok ukur untuk melihat seberapa besar keberhasilan pelayanan yang telah diberikan oleh tenaga kefarmasian di apotek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan informasi obat di Apotek X Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yaitu deskriptif observasional dengan kuesioner yang diberikan kepada 98 responden yang mencakup 5 dimensi tingkat kepuasan yang terdiri dari 10 pertanyaan yang sudah ditentukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan yaitu pada dimensi kehandalan (reliability) 92,1% responden dinyatakan sangat puas, pada dimensi berwujud (tangible) 89,2% responden dinyatakan sangat puas, pada dimensi empati (emphaty) 87,2% responden dinyatakan sangat puas, pada dimensi jaminan (assurance) 86,7% responden dinyatakan sangat puas, dan pada dimensi ketanggapan (responsiveness) 85,5% responden dinyatakan sangat puas. Dapat disimpulkan bahwa pelayanan informasi obat di Apotek X Kabupaten Tangerang didapatkan hasil rata-rata 88,1% yang artinya pelanggan merasa sangat puas.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Adiyawati, R., Latifah, E., Hapsari, S.W. 2017. Evaluasi Pelayanan Informasi Obat Pada Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Puskesmas Grabag I. Jurnal Farmasi Sains Praktis.
Aida, N. 2023. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Di Apotek Doa Bunda Sentani Kabupaten Jayapura. Jurnal Pendidikan Biologi.
Dasopang, E.S., Hasanah, F., Siahaan, N.D., Maulida., Sakila, S.D., Utami, A., Perbrianti, A.P. 2023. Pelayanan Informasi Obat Pada Beberapa Apotek Di Kota Medan. Jambura Journal Of Health Science And Research.
Destiyani, Amallia, N., M.A, Z.T., Santoso, A.P.A. 2021. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Obat di Apotek Kinan Farma Mojosongo Periode November-Desember Tahun 2021. Media Farmasi Indonesia.
Hastono, S.P. 2020. Analisis Data Pada Bidang Kesehatan. PT. Raja Grafindo Persada,Depok
Helni. 2015. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Apotek Di Kota Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora
Ilmi,Fadhilatul,. 2017.Tingkat Kepuasan Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Buring Farma Kota Malang. KTI, Akademi Farmasi Putra Indonesia, Malang. 2017. Diakses dari: https://repository.poltekkespim.ac.id/id/eprint/13/.
Jacob, E.D., Sandjaya.S. 2018. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Hidup Masyarakat Karubaga District Sub District Tolikara Propinsi Papua,Universitas Hasanuddin. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan.
Krisnawati, M. 2022. Gambaran Pelayanan Informasi Obat (PIO) Terhadap Kepuasan Pasien di Apotek Afi Farma Bantul. Jurnal Indonesia Sehat
Melizsa., M., Jaya, P.F., Kautsar, A. 2021. Gambaran Tingkat Kepuasan Pelanggan Di Apotek Roxy Sawangan Pada Masa Pandemi Covid-19. PHRASE (Pharmaceutical Science) Journal
Nisa, T.C. 2021. Gambaran Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Obat di Apotek Area Boyolali. Media Farmasi Indonesia
Permenkes, 2016. Peraturan Mentri Kesehatan Republik Inonesia, No.43 Tahun. 2016. Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan, 1-78. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Permenkes, 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 35 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek,1-7. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Permenkes, 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek, 1-29.Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Rikomah, E.R., Siregar, A.M.F., Yanti, S. 2023. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek X Kota Bengkulu. Jurnal Pharmacopoeia.
Sibarani, H. 2019. “Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Pada Pasien Rawat Jalan Di Apotek Puskesmas Teladan Kota Medan. KTI, Politeknik Kesehatan Medan. 2019. Diakses dari: https://repo.poltekkesmedan.ac.id/.
Syamsu, I.S.A., Farida. 2015. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat Di Apotek Rawat Jalan Rsud Labuang Baji Makassar. As-syifa Jurnal Farmasi.
Taluke, D., Lakat, R.S.M., Sembel, A. 2019. Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota
Taip, I.R. 2018. Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada The Bagong Adventure – Museum Tubuh Kota Batu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya
Umar, A. 2020. Gambaran Tingkat KepuasanPasien Terhadap Pelayanan Obat Di Apotek X Desa Pattimang Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Luwu Raya.
DOI: http://dx.doi.org/10.47653/farm.v11i2.773
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Farmagazine is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Alamat Redaksi: Jln. KH Syekh Nawawi (Raya Pemda) KM. No. 4, Mata Gara, Kec. Tigaraksa, Tangerang, Banten 15720
Email: lppm@stfm.ac.id
Indexed By