EDUKASI PENYALAHGUNAAN OBAT DI KALANGAN REMAJA SMA NEGERI 1 CIKANDE

Rahmawida Putri, Hilda Damayanti, Nuriyatul Fhatonah, Wahyu Fajar Nugraha

Sari


Dalam melakukan pencegahan terhadap suatu penyakit pihak kesehatan merekomendasikan obat untuk menanganinya. Namun, beberapa kalangan terutama pada kalangan remaja melakukan penyalahgunaan obat untuk kepentingan kesenangan pribadi. Penyalahgunaan obat ini dapat berakibat fatal bagi penggunanya karena dapat merusak sistem saraf. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada kalangan remaja terhadap dampak penyalahgunaan obat bagi kesehatan tubuh serta memberikan motivasi kepada remaja agar selalu berpikiran dan berperilaku positif dalam segala kegiatan. Metode pelaksanaan dengan memberikan penyuluhan terhadap dampak penyalahgunaan obat yang dilaksanakan pada hari Senin, 20 Januari 2020 yang bertempat di SMA Negeri 1 Cikande. Kegiatan dihadiri oleh 20 siswa kelas XII IPA-2 yang memberikan respon positif terhadap kegiatan penyuluhan. Dari hasil pengabdian rerata persentase pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai penyalahgunaan obat sebesar 77% kriteria baik sekali, 20% kriteria baik, dan 4% kriteria biasa. Antusiasme siswa dalam kegiatan pengabdian terlihat pada tingkat kepuasan siswa sebesar 85% sangat puas, 10% puas, dan 5% merasa cukup puas. Kegiatan ini memberikan dampak peningkatan dan pemahaman yang signifikan bagi siswa dalam memahami manfaat dan kegunaan obat sehingga masa depan siswa dapat bermanfaat bagi kehidupan agama, bangsa, dan negara.

Kata Kunci


Edukasi, Penyalahgunaan Obat, Remaja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amanda, M.P., Humaedi, S., Santoso, M.B. (2017). Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja. Jurnal Penelitian & PPM. 4(2); 339-345.

Bachtiar, A. (2021). Faktor-Faktor Resiko Penyalahgunaan Obat Pada Remaja. Jurnal Keperawatan Terapan. 7(1); 7-16.

Hastuti, E.D., & Megawati, A. (2019). Edukasi Resiko Penyalahgunaan Obat Pada Remaja Usia Produktif di Kudus. Jurnal Pengabdian Kesehatan STIKES Cendikia Utama Kudus. 2(1); 31-37.

Hidayat, I. R. S., Napitupulu, R. M., & SP, M. (2015). Kitab Tumbuhan Obat. Agriflo.

Infodatin Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI. (2019). Situasi dan Analisis Penyalahgunaan Narkoba. Kemenkes RI. Diakses tanggal 5 Januari 2021.

Wulandari, S., & Mustarichie, R. (2017). Upaya Pengawasan BBPOM di Bandung Dalam Kejadian Penyalahgunaan Obat. Farmaka, 15(4), 1-8.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Perkolasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Alamat Redaksi: Jln. KH Syekh Nawawi (Raya Pemda) KM. No. 4, Mata Gara, Kec. Tigaraksa, Tangerang, Banten 15720

Email: lppm@stfm.ac.id

Indexed By