ANALISIS INTERAKSI OBAT SIMVASTATIN UNTUK PENYAKIT KOLESTEROL DI APOTEK RAFFI FARMA CIKOTOK (STUDI KASUS PADA RESEP BULAN APRIL – JUNI 2015)

Topan Saebani

Sari


Dalam kehidupan masyarakat saat ini, masalah penyakit yang sering di alami salah satunya adalah penyakit kolesterol. Penyakit Kolesterol merupakan penyakit yang di takuti dalam masyarakat luas, karena kolesterol menjadi salah satu faktor resiko penyakit jantung yang berakhir pada kematian. Kolesterol di dalam tubuh terutama diperoleh dari hasil sintesis di dalam hati. Bahan bakunya diperoleh dari karbohidrat, protein atau lemak. Jumlah yang disintesis tergantung pada kebutuhan tubuh dan jumlah diperoleh dari makanan. Kolesterol hanya terdapat di dalam makanan asal hewan. Sumber utama kolesterol adalah hati, ginjal, dan kuning telur. Setelah itu daging, susu, keju, udang laut dan kerang. Ikan dan daging ayam sedikit sekali mengandung kolesterol. Tujuan pengamatan ini untuk mengetahui apakah resep obat simvastatin di Apotek Raffi Farma Cikotok sudah rasional dalam hal interaksi obat dan untuk mengetahui pola penulisan resep obat simvastatin pada pasien di Apotek Raffi Farma Cikotok lengkap secara administrasi dan sesuai secara farmasetik. Hasil yang didapatkan ialah didapatkan penggunaan obat antigout/anti asam urat (21,90%), obat saluran cerna (12,28%), dan antidiabetik (12,39%); dari 105 lembar resep terdapat 17 lembar resep yang terdapat interaksi.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Almatsier, Sunita. 2004.Prinsip Dasar Ilmu Gizi.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Bogadenta, Aryo. 2012. Manajemen Pengelolaan Apotek.Diva Press. Yogyakarta.

Graha, K.C.2010. 100 Question & Answer Kolesterol. PT Elex Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta.

Joenoes, Nanizar. 2001. ARS PRESCRIBENDI Resep yang Rasional Edisi 3. Surabaya: Airlangga University press.

Kompas. 2010. Simvastatin. http://health. Kompas.com/direktori/detail obat/211/Simvastatin. Diakses pada hari kamis, 20 April 2015 pukul 07.46 WIB.

Katzung, B.G. 2002. Farmakologi Dasar dan Klinis Edisi III. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Lee, D.R dan Nieman, CD. 2010. Antropometry. In: Lee, D.R dan Nieman, C,D. Ed. Nutritional Assessment. ED.3. Mc Graw Hill. New York.

PT Hexpharm Jaya laboratories. 2010. Simvastatin. http://www. Hexpharmjaya.com/page/simvastatin.apx.Diakses pada hari kamis, 20 april 2015 pukul 03.54 WIB.

Sitepoe, M. 1992. Kolesterol Fobia Keterkaitannya dengan penyakit jantung. Cetakan pertama. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Syamsuni, H.A. 2005. Ilmu resep. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Wiryodigdo, Sudjaswadi. 2005. Tanaman Obat Untuk Penyakit Jantung Darah Tinggi dan Kolesterol. http://www.agromedia.net/katalog-agromedia/kesehatan. Diakses pada hari Sabtu, 23 Mei 2015 jam 16.00 WIB.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Perkolasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Alamat Redaksi: Jln. KH Syekh Nawawi (Raya Pemda) KM. No. 4, Mata Gara, Kec. Tigaraksa, Tangerang, Banten 15720

Email: lppm@stfm.ac.id

Indexed By