EVALUASI PERILAKU SWAMEDIKASI SECARA RASIONAL OBAT ANALGETIK PADA MASYARAKAT DESA TALAGASARI KECAMATAN CIKUPA TANGERANG

Nuraini .

Sari


Swamedikasi adalah upaya awal yang dilakukan sendiri dalam mengurangi atau mengobati penyakit-penyakit ringan menggunakan obat-obatan dari golongan obat bebas dan obat bebas terbatas. Melakukan swamedikasi secara benar, masyarakat memerlukan informasi yang jelas dan dapat dipercaya, dengan demikian penentuan jenis dan jumlah obat yang diperlukan harus berdasarkan kerasionalan sehingga apabila swamedikasi dilakukan dengan benar maka swamedikasi ini merupakan sumbangan yang sangat besar bagi pemerintah.
Tujuan dilakukan pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui kerasionalan penggunaan obat analgetik secara swamedikasi yang dilakukan oleh masyarakat desa Talagasari kecamatan Cikupa Tangerang. Obat analgetik yang dipakai untuk penelitian ini adalah parasetamol, parasetamol dengan kombinasi kafein dan ibuprofen. penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua masyarakat desa Talagasari kecamatan Cikupa Tangerang dengan jumlah populasi 6072 kepala keluarga, jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 98 kepala keluarga. Penelitian ini diambil pada bulan mei sampai juli.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa obat yang sering dipakai atau digunakan oleh responden adalah parasetamol sebanyak 60 responden (61,2%) sedangkan parasetamol dengan kombinasi kafein yaitu 35 responden (35,7%) dan ibuprofen yaitu hanya 3 responden (3,1%). Perilaku swamedikasi penggunaan obat analgetik secara rasional pada masyarakat desa Talagasari kecamatan Cikupa Tangerang belum cukup rasional, ini ditandai dengan persentase perilaku swamedikasi yang rasional lebih rendah dibandingkan yang tidak rasional, yaitu 64 responden (65,3%) yang tidak rasional dan sebanyak 34 responden yang berperilaku swamedikasi secara rasional kemudian dari hasil uji Chi-Square didapatkan P Value =0,015 < 0, 050 yang berarti ada hubungan yang bermakna antara dagusibu dengan perilaku swamedikasi penggunaan obat analgetik yang rasional.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 2013, Riset Kesehatan Dasar, Kementrian Kesehatan RI, Jakarta. Hal. 6, 7, 40-41

Badan Pengawas Obat dan Makanan, 2014, InfoPOM Vol. 15 Menuju Swamedikasi Yang Aman, BPOM, Jakarta. Hal. 3-5

Balai Desa Talagasari, 2013, Profil Desa Talagasari, Balai Desa Talagasari, Tangerang. Hal. 1, 8 dan 15

Departemen Bina Pelayanan Kefarmasian, 2011, Penggunaan Obat Rasional, Kemenkes RI, Jakarta. Hal. 9

Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2008, Materi Pelatihan PeningkatanPengetahuan dan Keterampilan Memilih Obat Bagi Tenaga Kesehatan, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta. Hal. 1, 5-8, 13, 20, 21

Ikatan Apoteker Indonesia, 2014, Gerakan Keluarga Sadar Obat, Ikatan Apoteker Indonesia, IAI, Jakarta. http://www.ikatanapotekerindonesia.net/community-pharmacist/2115-gerakan keluarga-sadar-obat.html (diakses pada tanggal 24 Februari 2015)

Majalah Kesehatan, 2011, Paracetamol : Analgesik dan Antipiretik Terpopuler. http://majalahkesehatan.com/paracetamol-analgesik-dan-antipiretik-terpopuler/ (Diakses pada tanggal 25 Agustus 2015)

Notoatmojo, S., 2007, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Rineka Cipta, Jakarta.

Tjay, H.T ; Rahardja K., 2007, Obat-Obat Penting, Elex Media Kompotindo, Jakarta. Hal. 312

Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, 2010, Profil Kesehatan Kabupaten Tangerang, Dinkes Kabupaten Tangerang, Tangerang. Hal. 47 dan 49

Sinaga, E., 2008, Interaksi Obat (Drug Interaction). www.depkes.go.id/index.php?option=articles&task=viewarticle&artid=172&itemid=3. (Diakses 11 Oktober 2015)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Perkolasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Alamat Redaksi: Jln. KH Syekh Nawawi (Raya Pemda) KM. No. 4, Mata Gara, Kec. Tigaraksa, Tangerang, Banten 15720

Email: lppm@stfm.ac.id

Indexed By