PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP TAHAP KEPUTUSAN PASIEN MEMILIH OBAT PARASETAMOL ANAK DI APOTEK KECAMATAN MAUK, KABUPATEN TANGERANG

Abdul Aziz Setiawan, Jaka Supriyanta, Nurul Aini Wahidah

Sari


Pemasaran farmasi adalah suatu sub-spesialis pemasaran dimana pharmaceutical care diaktualisasikan. Orientasi pemasaran farmasi tidak hanya terbatas pada produk tetapi justru memberikan perhatian yang besar pada layanan farmasi yang prima. Ini mengindikasikan bahwa eksistensi pemasaran farmasi adalah memberi kepuasan atas kebutuhan dan keinginan pasien, bukan hanya sekedar menjual produk untuk meraih keuntungan yang sebesar-besarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keputusan pasien dalam memilih obat parasetamol anak di Apotek Wilayah Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang berdasarkan produk (product), harga(price), tempat (place), dan promosi (promotion). Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis data yaitu data kuantitatif dan menggunakan instrumen kuesioner sebayak 100 responden yang memenuhi kriteria inklusi yaitu yang mampu berkomunikasi dengan baik, melihat dan membaca dengan baik, dan berusia lebih dari 12 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel produk sebanyak 77% responden menyatakan setuju, variabel harga sebanyak 84% responden menyatakan setuju, variabel tempat sebanyak 86% responden menyatakan setuju, dan variabel promosi sebanyak 44% responden menyatakan setuju terhadap tahap keputusan pasien dalam membeli obat parasetamol anak di apotek kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Kesimpulan penelitian ini berdasarkan persamaan linier variabel tempat dan promosi mempengaruhi keputusan pasien dalam membeli obat parasetamol anak.

Kata Kunci


Pemasaran, Tahap Keputusan Pasien, Bauran Pemasaran

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Alfa Adi gunawan dan Dra. Hj. Yoestini, M.Si. 2011. Pengaruh produk, harga, distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian obat batuk vick formula 44 di swalayan ada di semarang. Semarang: Penerbit Universitas Dipenegoro

Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta, Hal 139.

Tjay, T.H dan Drs. Kirana Rahardja. 2007. Obat-Obat Penting. Jakarta: Penerbit PT Elek Media Koputindo, Hal 312.

ISFI. 2015. Redaksi ISO Indonesia, Iinformasi spesialite obat. Vol. 49. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Manajement 14. Amerika: Penerbit Prentice hall, Hal 25.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga, Hal 5-6, 166-176, 184-191.

Parvithrah, Apparavoo. 2011. Penggunaan Parasetamol Oleh Pelajar SMA dan Tukang Becak. Sumatra Utara: Penerbit Universitas Sumatra Utara, Hal 5.

Suekidjo, Notoatmojo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehata. Jakarta: EGC,Hal 127.

Setiawan, Abdul Azizdan Sriwidodo. 2018. Manajemen Pemasaran Farmasi dan Pemasaran Hijau di Era Globalisasi. Yogyakarta: Fahima press.




DOI: http://dx.doi.org/10.47653/farm.v8i1.532

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Farmagazine is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Alamat Redaksi: Jln. KH Syekh Nawawi (Raya Pemda) KM. No. 4, Mata Gara, Kec. Tigaraksa, Tangerang, Banten 15720

Email: lppm@stfm.ac.id

Indexed By

  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel 

 

Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  DRJI Indexed Journal  Hasil gambar untuk gambar template artikel   Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel  Hasil gambar untuk gambar template artikel