PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA DALAM UPAYA MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH DI MASAPANDEMI COVID-19 KEPADA IBU-IBU PKK KELURAHAN GLADAK ANYAR PAMEKASAN

Achmad Faruk Alrosyidi, Naili Uswatun Hasanah, Fauzan Humaidi

Sari


TP PKK Kelurahan Gladak Anyar merupakan ibu rumah tangga yang ingin produktif secara ekonomi. Salah satu program PKK lainnya yang sedang berjalan saat ini adalah GERUMTA (Gerakan Satu Rumah Satu Toga). Beberapa warga telah memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam berbagai tanaman obat seperti jahe, temulawak, kunyit, dan kencur. Dalam pelaksanaan program GERUMTA ini masyarakat Gladak Anyar masih banyak yang belum mengetahui pemanfaatan tanaman obat seperti jahe, kunyit, temulawak, dan kencur. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemanfaatan TOGA kelompok ibu-ibu PKK dari Kelurahan Gladak Anyar Pamekasan. Metode yang digunakan dalam  kegiatan ini adalah penyuluhan mengenai pemanfaatan TOGA untuk kesehatan dan pelatihan pembuatan minuman herbal instan. Evaluasi dilakukan dengan memberikan kuisioner sebelum dan sesudah kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan bahwa ada peningkatan pengetahuan setelah diberikan penyuluhan dan pelatihan yaitu nilai rata-rata sebelum kegiatan adalah 52,3±9,6 menjadi 91,2±8,4 setelah kegiatan sehingga terjadi peningkatan sebesar 38,9.


Kata Kunci


Tanaman Obat Keluarga (TOGA); Gladak Anyar: minuman herbal instan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Kesehatan RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI: 2009.

Elya, Berna. 2018. Perkembangan Bahan Baku Obat Tradisional di Indonesia Terus Meningkat. www.farmasi.ui.ac.id/2018/12/perkembangan-bahan-baku-obat-tradisionaldi- indonesia-terus-meningkat/. Diakses pada 27 Oktober 2020.

Hartanti, D., Dhiani, B.A., Charisma, S.L. and Wahyuningrum, R., 2020. The Potential Roles of Jamu for COVID-19: A Learn from the Traditional Chinese Medicine. Pharmaceutical Sciences & Research, 7(4), p.2.

Kemenkes. 2020. Sehat dengan Jamu, Ayo Minum Jamu. www.promkes.kemkes.go.id/sehat-dengan-jamu-ayo-minum-jamu. Diakses pada tanggal 26.

Sanders, J.M., Monogue, M.L., Jodlowski, T.Z. and Cutrell, J.B., 2020. Pharmacologic treatments for coronavirus disease 2019 (COVID-19): a review. Jama, 323(18), pp.1824-1836.

Sordillo, P.P. and Helson, L., 2015. Curcumin suppression of cytokine release and cytokine storm. A potential therapy for patients with Ebola and other severe viral infections. in vivo, 29(1), pp.1-4.

WHO, 2020. Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Indonesia, p. 1-12.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Perkolasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Alamat Redaksi: Jln. KH Syekh Nawawi (Raya Pemda) KM. No. 4, Mata Gara, Kec. Tigaraksa, Tangerang, Banten 15720

Email: lppm@stfm.ac.id

Indexed By